Adab-adab Saat Didalam Masjid Sesuai Tuntunan Rasulullah (bagian II)

0
127
Ilustrasi Masjid/Moxa
Ilustrasi Masjid/Moxa

Harmantajang.com – Islam merupakan agama yang secara jelas memberikan petunjuk antara mana yang baik dan mana yang buruk.

Salah satunya ialah terkait dengan adab-adab yang baik, diantaranya adab-adab saat hendak ke masjid dan saat berada dalam masjid.

1. Jangan mengangkat suara yang bisa mengganggu jama’ah yang lain dalam Masjid

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

 الا إن كلكم مناج ربه فلا يؤذين بعضكم بعضا ولا يرفع بعضكم على بعض في القراءة أو قال في الصلاة

“Ketahuilah, kalian semua sedang bermunajat kepada Allah, maka janganlah saling mengganggu satu sama lain. Janganlah kalian mengeraskan suara dalam membaca Al Qur’an,’ atau beliau berkata, ‘Dalam shalat”. (HR. Abu Daud no.1332, Ahmad, 430).

2. Jangan lewat di depan orang yang sedang sholat

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَوْ يَعْلَمُ الْمَارُّ بَيْنَ يَدَيِ الْمُصَلِّي مَاذَا عَلَيْهِ مِنَ الإِْثْمِ لَكَانَ أَنْ يَقِفَ أَرْبَعِينَ خَيْرًا لَهُ مِنْ أَنْ يَمُرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ

“Andaikan seseorang yang lewat di depan orang yang shalat itu mengetahui dosanya perbuatan itu, niscaya diam berdiri selama 40 tahun itu lebih baik baginya dari pada lewat”. (HR.  Bukhari 510, Muslim 507).  Disunnahkan sholat dengan menggunakan pembatas (Sutrah).

3. Bersegerah (cepat) menuju Masjid.

Adi bin Hatim Radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Tidaklah dekat waktu sholat melainkan aku rindu untuk melaksanakannya, dan  Tidaklah sholat itu di iqamah sejak saya masuk islam melainkan saya dalam keadaan bersuci (wudhu)“.

Berkata Said bin al-Musayyid Rahimahullah:”Tidaklah dikumandangkan azan sejak 50 tahun melainkan saya berada dimasjid”.

Berkata Waki’ bin al-jarrah Rahimahullah adalah al-A’masy (beliau adalah seorang imam yang buta):

”Umur beliau telah mendekati 70 tahun dan tidak pernah ketinggalan untuk takbiratul ihram yang pertama bersama dengan imam. bahkan beliau mengatakan sudah lebih 20 tahun saya bersamanya bahkan saya tidak pernah melihat beliau masbuk”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here