Bak Seperti Hati Burung, Itulah Golongan Orang-orang yang Masuk Surga

0
363
Ilustrasi burung terbang/istock

Harmantajang.com – Dari abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

يَدْخُلُ الْجَنَّةَ أَقْوَامٌ أَفْئِدَتُهُمْ مِثْلُ أَفْئِدَةِ الطَّيْرِ

“Akan ada sekelompok orang yang masuk surga, hati mereka seperti hatinya burung”. (HR. Ahmad 8382 & Muslim 7341).

Hati yang dimaksud oleh Rasulullah adalah jantung. Hati tempat bersemayamnya iman, hati sebagaimana kata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah adalah:

“Raja dari seluruh anggota tubuh, jika raja itu baik maka baik seluruh prajuritnya jika raja atau pemimpinnya atau presidennya itu buruk maka pendamping – pendangmpingnya dan prajurit-prajuritnya juga menjadi buruk, dan beliau berkata:”Hati adalah tempat Allah Subhanahu wata’ala menilai seorang hamba”

Amalan yang dikerjakan berbeda antara yang satu dengan yang lain dari sisi pahala dan keutamaannya. Ini tergantung kondisi orang yang memiliki hati atau yang mengerjakannya.

Terkadang ada orang atau 2 orang yang sholat berdampingan, sholatnya sama, gerakannya sama, bacaannya sama, wiridnya sama namun keutamaannya atau pahalanya ibarat langit dan bumi. ini kembali kepada hatinya atau apa yang ada didalam hatinya.

Hadist ini menunjukkan keyakinan dan tawakkal yang luar biasa kepada Allah. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pada hadist yang lain. Dari sahabat Umar Radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:”Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَوْ أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصاً وَتَرُوحُ بِطَاناً

”Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang”. (HR. Ahmad (1/30), Tirmidzi no. 2344, Ibnu Majah no. 4164)

Ini makna dari hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam  diatas bahwasanya mereka akan masuk ke dalam surga ketika hati mereka seperti hati seekor burung yaitu mereka memiliki tawakkal dan keyakinan yang sempurna kepada Allah Subhanahu wata’ala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here