Bentuk-bentuk Hidayah yang Didapatkan Manusia

0
372
Ilustrasi masjid/unsplash

Harmantajang.com – Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”. (QS. Al-Ankabut : 69).

Hidayah yang dimaksud dalam ayat ini adalah hidayatu lil taufiq karena hidayah terbagi menjadi 2 ada yang disebut hidayatu lil irsyad dan hidayatu lil taufiq.

Adapun hidayatu lil irsyad yaitu petunjuk yang diberikan oleh para Nabi dan Rasul atau yang menyampaikan dakwah. Sebagaimana kata Allah kepada Rasulnya Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam:

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ ٨:٥٦

“Sesungguhnya engkau (Muhammad) tidak akan dapat memberi hidayah (petunjuk) kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”. (QS. Al-Qashash: 56).

Ini disebut hidayah lil irsyad, Allah berfirman:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?”(Q.S. Fussilat: 33).

Adapun hidayah yang kedua yaitu hiduatu lil taufiq yaitu hidayah atas izin Allah Subhanahu wata’ala kepada seorang hamba untuk mendapatkan petunjuk dan ini hal mutlak milik Allah Subhanahu wata’ala.

Oleh karenanya ketika Rasulullah sangat ingin memberi dan menyampaikan hidayah kepada Abu Thalib, namun pada akhirnya Abu Thalib mati dalam kekufuran. Allah kemudian menurunkan firmannya:

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ ٨:٥٦

“Sesungguhnya engkau (Muhammad) tidak akan dapat memberi hidayah (petunjuk) kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”. (QS. Al Qashash: 56).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here