Bersiaplah, Manusia Keluar dari Kuburnya dalam Keadaan Bermacam-macam

0
893
Ilustrasi Cahaya dalam gelap/istock

Harmantajang.com – Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ

“Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka”. (QS. Az-Zalzalah: 6).

Mereka dipisah sesuai dengan kondisi dan keadaannya. Ada Ashabul Yamin yang menerima kitabnya dari sebelah kanannya dan ada yang diberikan kitabnya dari sebelah kirinya, dan yang diberikan kitabnya dari sebelah kirinya maka inilah yang akan celaka.  

Jadi manusia pada hari kiamat akan dikumpulkan sebagaimana kondisi mereka dulu di dunia. Olehnya, dalam ayat ini Allah berkata :”Manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam”.

Tujuannya untuk diperlihatkan kepada mereka amalan-amalan mereka, disingkap hijab dan mereka melihat apa yang pernah mereka lakukan dulu di dunia yang membuat mereka tidak mampu lagi berdusta.

Boleh jadi mereka sudah lupa dengan apa yang pernah mereka lakukan di dunia. Akan tetapi, diperhitungkan oleh Allah dan tertulis rapih pada catatan amalan mereka, kemudian Allah berfirman:

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya”. (QS. Az-Zalzalah: 07).

Ayat ini sangat agung yang menjadi motivasi bagi kita untuk selalu ikhlas dalam beramal karena Allah. Bukan untuk mendapatkan pujian manusia dan sekecil apapun yang dilakukan, Allah menuliskannya dan kita akan mendapatkan balasannya dihari kemudian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here