Catat, Inilah Orang-orang yang Menipu Dirinya Sendiri!

0
415
Ilustrasi topeng/istock

Harmantajang.com – Ada sebagian orang yang melakukan perbuatan yang tanpa disadari bahwa dia sedang menipu dirinya sendiri. Misalnya dia hendak melaksanakan sholat, tetapi dia sholat bukan karena Allah Subhanahu wata’ala.

Dia memperbaiki sholatnya karena dilihat oleh manusia atau misalnya ada yang meliputnya dengan kamera. Jika riya masuk sejak awal amalan maka amalan ini sia-sia dan tidak diterima disisi Allah Subhanahu wata’ala.

Inilah sifat yang melekat pada orang-orang munafik. Dimana orang munafik menyembunyikan kekufuran dan menampakkan keislaman dan mereka beramal bukan karena Allah tetapi untuk dilihat oleh manusia.

Sebagaimana firman Allah didalam Al-Qur’an:

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَىٰ يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali”. (QS. An-Nisaa: 142).

Mereka menipu Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam padahal merekalah yang menipu diri mereka sendiri dan ciri orang munafik jika mereka berdiri melaksanakan sholat dia mengerjakan sholat itu dengan penuh kemalasan.

Olehnya, mari muhasabah diri kita. Jika hendak melaksanakan sholat dan kita merasakan kemalasan dan terus menerus kita rasakan, maka hati-hati ini termasuk ciri dari kemunafika.

Dalam surah Al-Maun Allah berfirman:

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ . الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ ,الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ

“Celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya”(QS. Al-Ma’un: 4-6).

Allah menyebutkan sholat yang paling berat bagi orang munafik yaitu sholat subuh dan isya. Mengapa bisa demikian, karena masjid dizaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam tidak seperti masjid dizaman  sekarang ini yang memiliki penerangan yang luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here