Catat, Semua Nikmat akan Dipertanggungjawabkan di Hari Kemudian

0
416
Ilustrasi seorang menikmati alam semesta/Rivil

Harmantajang.com – Begitu banyak nikmat yang Allah Subhanahu wata’ala berikan kepada kita baik berupa nikmat yang zhahir, batin dan nikmat yang tak terhitung. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

Tugas kita sebagai orang yang beriman adalah bersyukur kepada Allah Subhanahu wata’ala dengan menjadikan segala nikmat tersebut dalam rangka keta’atan kepada Allah Subhanahu wata’ala,.

Karena setiap nikmat yang kita rasakan akan ditanyakan dan dipertanggung jawabkan dihari kemudian nanti dihadapan Allah Subhanahu wata’ala.

Suatu ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah makan bersama para sahabatnya dengan makanan yang sederhana dengan kurma dan air zam-zam, beliau kemudian berkata:

ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ

Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).” (QS. At Takatsur: 8).

Sampai-sampai seorang sahabat bertanya: ”sampai hanya sekedar kurma dan air ya Rasulullah kitapun akan ditanya dihari kemudian nanti. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam kemudian berkata benar sambil menyebutkan ayat diatas.

Sehingga kita dari perbuatan yang bisa mendatangkan kemurkaan Allah Subhanahu wata’ala diantaranya adalah berhura-hura dan menghambur-hamburkan harta Allah Subhanahu wata’ala melarang kita dalam Al-Qur’an.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَلا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan”. (QS. Al Isra’: 26-27).

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al-A’raf: 31).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here