Celaka, Penyesalan di Akhirat Sungguh tak Berarti

0
389
Ilustrasi awan semesta/Istock

Harmantajang.com – Apa yang kita cari di dunia ini dan kondisi di dunia ini itulah yang akan menentukan kondisi kelak dihari kemudian. Jika gagal di dunia, bisa mengulangi tetapi jika sudah gagal diakhirat maka tidak bisa kembali lagi ke dunia.

Sebagaimana disebutkan dalam ayat:

وَأَنْذِرِ النَّاسَ يَوْمَ يَأْتِيهِمُ الْعَذَابُ فَيَقُولُ الَّذِينَ ظَلَمُوا رَبَّنَا أَخِّرْنَا إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ نُجِبْ دَعْوَتَكَ وَنَتَّبِعِ الرُّسُلَ ۗ أَوَلَمْ تَكُونُوا أَقْسَمْتُمْ مِنْ قَبْلُ مَا لَكُمْ مِنْ زَوَالٍ

“Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada waktu itu) datang azab kepada mereka, maka berkatalah orang-orang yang zalim: “Ya Tuhan kami, beri tangguhlah kami (kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam waktu yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul”. (Kepada mereka dikatakan): “Bukankah kamu telah bersumpah dahulu (di dunia) bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?”. (QS. Ibrahim: 44).

Baca Juga: Pada Hari itu Bumi akan Bercerita (Tafsir dan Tadabbur Surah Az-Zalzalah Ayat 4-5)

Diakhirat baru dia menyesal dengan penyesalan yang sangat besar, dia minta dikembalikan ke dunia sesat untuk menyambut seruan Allah, mengerjakan segala perintahnya menjauhi segala larangannya, istiqamah diatas jalannya dan menyambut seruan Rasulnya.

Allah berfirman:

وَلَقَدْ أَهْلَكْنَا مَا حَوْلَكُمْ مِنَ الْقُرَىٰ وَصَرَّفْنَا الْآيَاتِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan negeri-negeri di sekitarmu dan Kami telah mendatangkan tanda-tanda kebesaran Kami berulang-ulang supaya mereka kembali (bertaubat)”. (QS. Al-Ahqaf: 27).

Olehnya, sangat penting selalu merenung dan membaca segala bentuk peringatan-peringatan serta tanda-tanda yang dimunculkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Menyoal tentang peringatan, diceritakan penduduk kota Madinah ketika mereka masuk usia 40 tahun mereka sudah fokus beribadah kepada Allah, mempersiapkan diri kembali kepada Allah. Jadi jangan kita terbuai dengan dunia yang sementara ini.

Baca Juga: Pasti, Jika Dirimu Berakhlak Mulia Niscaya Allah tidak akan Menghinakanmu

Bersabar sesat saja di dunia ini dan ketaatan itu indah tidak memberatkan, demi Allah kelezatan, ketenangan, kebahagiaan, As Sakinah tidaklah didapatkan kecuali dalam ketaatan kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Awalnya memang berat untuk mengerjakan ibadah namun setelah itu kita akan merasakan kelezatan didalamnya yang tidak bisa digambarkan kecuali bagi orang yang telah merasakannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here