Dihina di Dunia tapi Dimuliakan di Akhirat, Dirimu Termasuk?, (Tadabbur QS. Al-Mu’minun 109-111)

0
32
Ilustrasi seorang sedang berdoa/Istock

Harmantajang.com – Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

إِنَّهُ كَانَ فَرِيقٌ مِنْ عِبَادِي يَقُولُونَ رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

“Sesungguhnya, ada segolongan dari hamba-hamba-Ku berdoa (di dunia): “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik”. (QS. Al-Mu’minun: 109).

Ada hamba-hamba Allah yang hijrah kembali ke jalan kebenaran dan kebaikan namun kalian menjadikan itu bahan olok-olokan. Kalian menertawai mereka sebagaimana dalam Surah Al Muthaffifin dimana orang-orang mujrim.

Orang-orang kafir selalu menertawai yang beriman, penampilan sunnahnya ditertawai, rajinnya ke masjid dikomentari bahkan di labeli dengan gelar-gelar yang buruk. Jika orang beriman lewat di depan mereka maka mereka saling mengedipkan mata sebagai isyarat.

Olehnya, isyarat dengan anggota tubuh dalam hal mencela atau mengejek hukumnya haram, jika kita tidak mampu menerapkan sunnah minimal jangan mencela sunnah. Pada hari kiamat terbalik dimana orang-orang yang beriman menertawai orang-orang kafir.

Baca Juga: Susah Bahagia?, Yakinkan dalam Diri 3 Prinsip ini

Mereka bertelekan diatas dipandipan melihat orang kafir yang diazab dan ini kenikmatan yang Allah berikan kepada orang yang beriman. Orang yang mencela mereka dulu di dunia mereka bisa saksikan mereka dihukum di hari kemudian.

Orang-orang kafir diberikan balasan sesuai dengan apa yang dulu mereka kerjakan di dunia. Pada ayat selanjutnya Allah berfirman:

فَاتَّخَذْتُمُوهُمْ سِخْرِيًّا حَتَّىٰ أَنْسَوْكُمْ ذِكْرِي وَكُنْتُمْ مِنْهُمْ تَضْحَكُونَ

“Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan, sehingga (kesibukan) kamu mengejek mereka, menjadikan kamu lupa mengingat Aku, dan adalah kamu selalu mentertawakan mereka”. (QS. Al-Mu’minun: 110).

Kemudian kata Allah:

إِنِّي جَزَيْتُهُمُ الْيَوْمَ بِمَا صَبَرُوا أَنَّهُمْ هُمُ الْفَائِزُونَ

“Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka; sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang”. (QS. Al-Mu’minun: 111).

Baca Juga: Wajah Beseri-seri di Hari Akhir, Siapa Mereka? (Tadabbur QS. Al-Qiyamah: 22-23)

Oleh karenanya mari bersabar dalam ketaatan dan celaan manusia. Terkadang ada orang bersabar dengan celaan ketika dia taat padahal olokannya terkadang bukan olokan, dia takut dikatai sebagai orang ‘alim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here