Ganjaran Bagi Mereka yang Bersedekah dalam Kondisi Pelik

0
616
Ilustrasi seorang meminta bantuan/unsplash

Harmantajang.com – Bersedekah dalam kondisi sempit tentu pengorbanannya sangat besar dan pahalanya juga besar. Tetapi siapa yang mampu melakukannya maka jaminannya adalah surga selama niatnya ikhlas karena Allah.

Pernah suatu ketika ‘Aisyah didatangi oleh wanita dengan 2 orang putrinya yang menjadi anak yatim, Aisyah Radhiyallahu ‘anha memberikan kepada mereka 3 biji kurma.

Karena lapar anak ini langsung memakan kurma tersebut sampai habis. Adapun ibunya ketika ia mau memasukkan kurma ke dalam mulutnya dia melihat kedua putrinya memandangnya melihat kurma yang ada pada tangannya.

Akhirnya ibunya membelah 2 kurma itu dan memberikan kepada masing-masing anaknya. Aisyah kemudian takjub melihat itu, beliau menyampaikan kepada Nabi dan Beliau mengatakan:

“Dia calon penghuni surga”, ibunya bersedekah kepada anaknya dalam kondisi sempit. Jika ingin agar dilapangkan kesempitan kita maka perbanyak sedekah.

Imam As Sa’diy Rahimahullah beliau pernah menafsirkan ayat ini:

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa”. (QS. Ali ‘Imran: 133).

Beliau berkata:

”Allah memerintahkan kepada mereka untuk bersegera mendapatkan ampunannya dan untuk dimasukkan ke dalam surganya yang luasnya seperti langit dan bumi dan Allah mensifatkan surga lebarnya seperti langit dan bumi, jika saja lebarnya seperti langit dan bumi lalu bagaimana dengan panjangnya maka sungguh celaka surga yang luasnya seperti langit dan bumi namun tidak masuk ke dalamnya dan semoga Allah memasukkan kita semua ke dalam surga”.

Dari kisah seorang ibu diatas, bisa diambil hikmah bahwa mencapai keridhaan-Nya tidak hanya waktu lapang saja, tetapi dari segala situasi pasti ada jalan meraih surga-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here