Harta dan Benda Tidak Berguna, Mengapa Bisa? (Tafsir QS. Al-Lail: 11)

0
334
Ilustrasi Muslim sedang berdoa/Unspalsh

Harmantajang.com – Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمَا يُغْنِي عَنْهُ مَالُهُ إِذَا تَرَدَّى

“Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa”. (QS. Al-Lail: 11).

Harta yang mereka miliki tidak bermanfaat sedikitpun, jika mereka telah dilemparkan ke dalam neraka. Sebagaimana firman Allah di dalam Al-Qur’an:

وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِشِمَالِهِ فَيَقُوْلُ يَا لَيْتَنِي لَمْ أُوْتَ كِتَابِيَهْ (25) وَلَمْ أَدْرِ مَا حِسَابِيَهْ (26) يَا لَيْتَهَا كَانَتِ الْقَاضِيَةَ (27) مَا أَغْنَى عَنِّي مَالِيَهْ (28) هَلَكَ عَنِّي سُلْطَانِيَهْ (29)

“Adapun orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabku (ini). Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku. Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu. Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku. Telah hilang pula kekuasaanku daripadaku”. (QS. Al-Haqqoh: 25-29).

Baca Juga: Menjadi Seorang Wali Allah, Emang Bisa dan Apa Syaratnya?

Harta yang selama ini mereka kumpulkan dan bangggakan, bermewah-mewahan, kekuasaan, pangkat dan jabatan di dunia tidak bermanfaat sedikitpun pada hari itu,.

Kita bisa melihat orang bertengkar untuk memperebutkan kekuasaan, saling menjatuhkan, saling melempar tuduhan, saling mencekal bahkan sampai adu fisik.

Padahal yang seperti ini pada hari kiamat adalah penyesalan, Allah mengabadikan doa Nabi Ibrahim dalam surah Asy Syu’ara :


يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ (88) إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ (89)

“(Yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih”. (QS. Asy Syu’ara’: 88).

Baca Juga: Waspada, Kontrol Jenis Nafsu ini Agar Dirimu Bisa Selamat!

Berdasarkan uraian diatas, bisa dilihat dan dipahami bahwa seluruh harta dan benda yang dimiliki sama sekali tidak berguna bagi seseorang kelak ia meninggal. Kecuali harta dan kekayaan tersebut dimanfaatkan dijalan-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here