Hati-hati, Dosa Bisa Menjadi Sumber Kesulitan

0
293
Ilustrasi sedang merenung/Umroh.com
Ilustrasi sedang merenung/Umroh.com

Harmantajang.com – Barangsiapa diantara kita yang diperhadapkan dengan permasalahan yang sulit maka cobalah renungi dosa–dosa kita sambil mengucapkan istighfar.

Sehingga dengan istighfar yang kita ucapkan, Allah memberikan kepada kita jalan keluar dari setiap permasalahan hidup yang kita hadapi, tidak ada musibah yang terjadi melainkan karena ulah dari tangan kita sendiri.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syuraa: 30).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan dalam hadist:

مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”. (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas)

 وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa”. (QS. Ali Imran : 133).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here