Healing Solusi Mengatasi Kesedihan? Tunggu Dulu, Coba Amalkan Do’a ini

0
95
Ilustrasi seorang sedang bersedih/Unsplash

Harmantajang.com – Suatu hari Nabi berkata kepada seorang shobiyah yang bernama Asma binti Umais beliau berkata:

Maukah engkau aku ajarkan sebuah ucapan yang ketika engkau ucapkan Allah akan menghilangkan kesedihanmu“, ia mengatakan:”Tentu Ya Rasulullah”.

Nabi kemudian berkata ucapkanlah: ”Allahu , Allahu Rabbi laa Usyriku Syaiha”, (Tuhanku, saya tidak akan mempersekutukanmu dengan apapun juga). Doa ini kita bersandar kepada Allah dan ini termasuk doa yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Sehingga dengan membaca doa ini niscaya Allah akan menghilangkan kesulitan kita. Doa yang lain sebagaimana kata Ibnu Mas’ud, Nabi mengajarkan kepada para sahabat ketika beliau mengajarkan doa ini sahabat bertanya:

Ya Rasulullah tidaklah kami mengamalkannya”, Nabi Berkata: “Tidak pantas orang yang mendengarkannya kemudian ia tidak menghafalkannya atau mengamalkannya”.

Siapa yang membaca doa ini Allah akan menghilangkan kesulitannya dan menggantikan kesedihannya dengan kebahagiaan kata Rasulullah.

Tidak perlu pergi rekreasi walaupun ini hukumnya mubah, jika ada masalah terkadang fikiran orang dengan berkata:

Ayo pergi rekreasi atau keluar negeri”, padahal ada liburan bagi kita yang membuat kita dekat dengan Allah yaitu membaca doa dalam sujud kita.

Tadabburi insya Allah akan hilang kegelisahan itu. Adapun rekreasi hanya bikin capek, kemudian uang terkuras.

Nabi ketika ada yang sulit beliau sholat, jadi orang yang beriman hidupnya selalu bahagia sampai ketika ia diperhadapkan masalah:

عَجَبًا ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ ِلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْراً لَهُ

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya”. (Hadits Shohih diriwayatkan oleh Muslim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here