Hubungan Keluarga di Rumah  Kurang ‘Harmonis’?, Mungkin ini Penyebabnya

0
61
Ilustrasi Al-Qur'an/Unsplash

Harmantajang.com – Pada hari kiamat Allah menjadikan Al-Qur’an memberikan syafaat kepada yang senantiasa membacanya, Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ ﻭَﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ ﻳَﺸْﻔَﻌَﺎﻥِ ﻟِﻠْﻌَﺒْﺪِ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ، ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟﺼِّﻴَﺎﻡُ : ﺃَﻱْ ﺭَﺏِّ، ﻣَﻨَﻌْﺘُﻪُ ﺍﻟﻄَّﻌَﺎﻡَ ﻭَﺍﻟﺸَّﻬَﻮَﺍﺕِ ﺑِﺎﻟﻨَّﻬَﺎﺭِ، ﻓَﺸَﻔِّﻌْﻨِﻲ ﻓِﻴﻪِ، ﻭَﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥُ : ﻣَﻨَﻌْﺘُﻪُ ﺍﻟﻨَّﻮْﻡَ ﺑِﺎﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺸَﻔِّﻌْﻨِﻲ ﻓِﻴﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ﻓَﻴُﺸَﻔَّﻌَﺎﻥِ

“Amalan puasa dan membaca Al-Qur’an akan memberi syafa’at bagi seorang hamba di hari kiamat. Puasa berkata: Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya. Dan Al-Qur’an berkata: Aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya, maka keduanya pun diizinkan memberi syafa’at”. (HR. Ahmad, Shahih At-Targhib: 1429)

Baca Juga: Kelak Tulang-belulang Manusia kembali Dikumpulkan (Tafsir dan Tadabbur QS. Al-Qiyamah: 03)

Dalam riwayat yang lain, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Rajinlah membaca al-Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat”. (HR. Muslim 1910)

Boleh jadi yang menjadi sebab rusaknya hubungan harmonis rumah tangga karena di dalam rumah tidak dibacakan Al-Qur’an. Seorang suami tidak tenang dan betah ketika berada didalam rumahnya begitupula dengan istri,

Dalam rumah banyak masalah yang muncul disebabkan karena tidak ada ayat-ayat Al-Qur’an yang dibacakan. Rumah yang tidak dibacakan ayat-ayat Al-Qur’an seperti kuburan dan menjadi tempat sarang bagi syaithan.

Sebagaimana disebutkan dalam hadist, dari Abu Hurairah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِى تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

“Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan karena setan itu lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surat Al-Baqarah”.  (HR. Muslim no. 1860).

Baca Juga: Sering Berbuat Baik tapi Tidak Bermanfaat Baginya, Kenapa Bisa?

Berdasar uraian diatas, maka bukan tidak mungkin salah satu penyebab hubungan keluarga sering carut-marut karena tidak dibacakan Ak-Qur’an di rumah tesebut.

Begitupun sebaliknya, apabila ingin hubungan keluarga romantis maka sering-seringlah melantunkan Al-Qur’an apalagi dengan tilawah secara berjamaah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here