Ilmu Menjadi Sebab Diangkatnya Derajat Seseorang

0
382
Ilustrasi buku/Istock

Harmantajang.com – Allah subhanahu wa ta’ala bercerita tentang kisah dua orang nabi-Nya yang dimuliakan dengan ilmu tentang agama-Nya.

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّنْ عِبَادِهِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

“Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman”. (Surah An-Naml: 15)

Hati kita mesti mengerti bahwasanya ilmu adalah dimana Allah mengangkat derajat manusia. Dengan ilmu, seseorang memahami jalan untuk menta’ati Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara yang Allah inginkan.

Bimbingan pengetahuan yang Allah berikan kepadanya sebagai sebuah karunia untuknya datang dari kasih sayang Allah kepadanya itu akan menunjukkannya jalan-jalan yang terbaik untuk berada dalam jalur ketaatan kepada jalan Allah subhanahu wa ta’ala.

Ilmu yang kita miliki hari ini mungkin belum mampu membimbing dijalan yang  benar seacaramaksimal Betapa hari ini, kita kadang terjatuh hampir setiap hari. Kaki kita masuk dalam jebakan-jebakan syaithan berhitung jam dalam sehari dari umur kita.

Sehingga Kita butuh pengetahuan-pengetahuan tambahan agar beberapa hal yang tadinya buram dalam pandangan kita dapat menjadi terang.

Hal ini karena Allah subhanahu wa ta’ala menjanjikan tempat yang tinggi bagi mereka yang terus menambah ilmunya dengan kebenaran, kebaikan serta komitmen yang jelas antara ia dengan Allah subhanahu wa ta’ala.

Satu dari kemuliaan yang Allah berikan kepada ilmu dan orang-orang yang berilmu adalah Allah yang menyebutkan diangkatnya derajat mereka disisiNya.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (Surah Al-Mujadilah: 11)

Allah yang berkehendak untuknya, Allah yang melakukannya, ada kedekatan yang Allah berikan sekali lagi kepada orang-orang yang terus menjaga gairahnya menuntut ilmu, Allah angkat derajatnya dan memuliakannya.

Sebaliknya, bertahan dalam kondisi ketidaktahuan, senang dan ridho dengan kebodohan yang mengangkat orang-orang bodoh dianggap memiliki pengetahuan sehingga diikuti dan dikiblati, itu hanyalah manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here