Ingin Membebaskan Diri dari Api Neraka?, Tunaikan Amalan ini

0
321
Ilustrasi langit merah/Unpalsh

Harmantajang.com – Allah berfirman di dalam Al-Qur’an:

وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْعَقَبَةُ , فَكُّ رَقَبَةٍ

“Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?, (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan”. (QS. Al-Balad: 12-13).

Diantara cara membebaskan diri dari api neraka adalah dengan membebaskan budak yang merupakan amalan yang paling mulia, Rasulullah bersabda:”Yang paling mahal harganya dan paling berharga disisi majikannya“.

Baca Juga: Diantara Tanda-tanda kebesaran-Nya, Allah Mempertakuti Hamba-Nya (Tafsir QS. Al-Qiyamah ayat 5-8)

Budak berbeda antara yang satu dengan yang lain, ada budak yang memiliki keahlian, ada budak yang memiliki kekuatan, ada budak yang bermanfaat bagi tuannya dan ada budak yang merepotkan tuannya, ada budak yang tidak produktif dan seterusnya. Olehnya budak yang paling mulia adalah yang paling mahal harganya.

Perumpaanya, dalam kurban juga dibahas oleh para ulama mana yang lebih afdhal membeli seekor sapi yang gemuk dengan harga yang lebih mahal atau beli 2 ekor sapi. Misalnya harga sapi yang paling bagus 35 juta dan dari 35 juta itu bisa beli 2 sapi yang murah dan tidak gemuk kemudian mana yang lebih afdhal.

Para ulama menjelaskan jika sedikit dan tidak terlalu banyak orang yang disekitar kita maka beli yang terbaik yang mahal harganya, ada yang mengatakan jika banyak orang disektar tempat tinggal kita maka beli beberapa ekor supaya dagingnya cukup untuk dibagi-bagi.  

Baca Juga: Ramadhan Bulan Kebaikan, Berikan Apapun yang Kamu Mampu

Aku berkata:”Jika aku tidak bisa memerdekakan budak seperti itu?”, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Kalau seperti itu, bantulah orang yang bekerja atau kamu bekerja untuk orang yang tidak bisa bekerja.

Membebaskan budak butuh harta yang banyak, salah seorang ulama yang bernama Imam Ibnu Jauzi beliau salah seorang ‘alim jika memberi nasehat terkadang ada orang yang pingsan dimajelisnya karena tersentuh dengan nasehatnya dan majelisnya dihadiri ribuan orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here