Ingin Mendapatkan Penjagaan dari Sebaik-baik Penjaga?, Tunaikanlah Amalan ini

0
430
Ilustrasi seorang sedang sholat/Unsplash

Harmantajang.com – Dalam hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من صلى الصبح فهو في ذمة الله. رواه مسلم

“Barangsiapa yang shalat shubuh maka dirinya dalam perlindungan Allah”. (HR. Muslim).

Seseorang akan dijaga oleh Allah Subhanahu wata’ala dan ketika Allah Subhanahu wata’ala menjaganya, maka janganlah takut dan sedih kepada apapun dan siapapun karena Allah Subhanahu wata’ala menegaskan:

قُل لاَّ أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعاً وَلاَ ضَرّاً إِلاَّ مَا شَاء اللّهُ وَلَوْ كُنتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لاَسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ إِنْ أَنَاْ إِلاَّ نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfa’atan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman”. (QS. Al-Araf: 188).

Baca Juga: Menyepelekan Dosa Kecil Menjadi Asbab Seseorang Dimurkai-Nya (Tadabbur QS. Az-Zalzalah Ayat 7-8)

Oleh karenanya, perbedaan takut kepada Allah dan takut kepada makluk yaitu takut kepada makhluk maka kita akan menjauh darinya atau menghindar darinya. Adapun takut kepada Allah akan mendatangkan rasa aman dan menjadikan kita semakin dekat kepada-Nya.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk”.(QS. Al An’am: 82).

Dengan demikian, pelajaran penting yang bisa dipetik ialah jika seseorang ingin terjauh dari rasa takut, maka memintalah pertolongan kepada-Nya. Selanjutnya, barangsiapa yang ingin dilindungi dan dijaga oleh sebaik-baik penjaga maka tunaikanlah sholat subuh.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Janji-Nya Adalah Sesuatu yang Pasti!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here