Jangan Berputus Asa, Tunaikan Sholat untuk Menghapus Dosa Kecil

0
476
Seorang sedang sholat/Istock

Harmantajang.com – Dosa besar membutuhkan taubat secara khusus berbeda dengan dosa-dosa kecil. Karena dosa kecil bisa berguguran dengan amalan yang dikerjakan sebagaimana dalam hadist:

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

“Di antara shalat yang lima waktu, di antara Jumat yang satu dan Jumat lainnya, di antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim no. 233).

Sholat merupakan pembersih, sebagaimana dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ ، يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا ، مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ » . قَالُوا لاَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا . قَالَ « فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ ، يَمْحُو اللَّهُ بِهَا الْخَطَايَا »

“Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667).

Sholat merupakan benteng yang menjauhkan seseorang dari perbuatan keji dan dosa. Apabila kita masih sering mengerjakan dosa maka perkuat sholat niscaya sholat mencegah kita dari kemungkaran.

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).

Salah seorang lelaki pernah datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengadukan saudaranya dia berbuat dosa disiang hari kemudian dia sholat dimalam hari.

Maka disampaikanlah kepada Rasulullah bahwa lelaki itu rajin melakukan dosa namun ia selalu sholat. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab:

Insyaallah Sholatnya itu akan mencegahnya dari kemungkaran yang ia kerjakan”. Oleh karenanya, perbaiki kualitas sholat kita, sesunguhnya sholat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here