Jangan Sepelekan Keutamaan Menyingkirkan Gangguan di Jalan

0
467
Ilustrasi ranting kayu/Shope

Harmantajang.com – Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

لَقَدْ رَأَيْتُ رَجُلاً يَتَقَلَّبُ فِي الجَنَّةِ فِي شَجَرَةٍ قَطَعَهاَ مِنْ ظَهْرِ الطَّرِيقِ كَانَتْ تُؤْذِي النَّاسَ

“Sungguh aku telah melihat seorang lelaki mondar-mandir di dalam Surga dikarenakan sebuah pohon yang dia tebang dari tengah jalan yang selalu mengganggu manusia”. (HR. Muslim).

Ia menikmati apa yang dijanjikan untuknya didalam surga disebabkan karena pohon yang ia potong/tebang dari jalan yang dilalui oleh manusia. Dimana pohon itu mengganggu orang yang melewatinya.

Ini menunjukkan Allah Subhanahu wata’ala maha syakur artinya yang banyak berterima kasih. Allah Subhanahu wata’ala maha berterima kasih kepada hambanya.

Siapa mengira dan menyangka, bahwasanya amalan yang mudah dan tidak mengeluarkan tenaga ini bisa memberikan pahala yang sangat besar bahkan bisa menajdi sebab orang tersebut masuk surga.

Misalnya, ada orang yang berangkat ke masjid ia melihat di jalan ada bekas pecahan kaca atau paku, besi, pohon, ranting, kemudian disingkirkan maka ia termasuk dalam hadist yang disebutkan diatas.

Pelajaran yang bisa diambil dari hadist diatas adalah jangan pernah zuhud dari kebaikan sekecil apapun.

Kerjakan dengan penuh keikhlasan karena kita tidak akan pernah tahu amalan mana yang akan memasukkan kita kedalam surga Allah Subhanahu wata’ala.  

Sebagaiamana disebutkan dalam firman Allah dalam Q.S. Az-Zukhruf : 72

وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Itulah surga yang dikaruniakan untuk kalian, disebabkan amal sholeh kalian dahulu di dunia”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here