Janji Allah Terhadap Mereka yang Bersabar

0
326
Ilustrasi seorang sedang bersabar/Suara.com

Harmantajang.com – Syeikh Umar Al Muqbil Hafidzahullah mengambil penggalan ayat dalam Surah An Nisa, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak”. (QS. An Nisa :19).

Syaikh Umar Al Muqbil Hafidzahullah mengatakan jika kita merenungi ayat ini sebagaimana yang terdapat pada surah annisa  ayat ke 19 adalah berkaitan dengan perasaan

Dikarenakan ayat ini menunjukkan seorang suami yang terpaksa berpisah dengan istrinya yang tidak bisa melanjutkan kehidupan rumah tangganya.

Tentu dibalik perpisahan itu adalah sesuatu yang menyakitkan, namun Allah Subhanahu wata’ala mengatakan mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah Subhanahu wata’ala menjadikan padanya kebaikan yang banyak.

Oleh karenanya sifat yang harus dimiliki oleh seorang hamba dalam menghadapi hal yang seperti ini adalah dengan kesabaran.

Orang yang bersabar Allah Subhanahu wata’ala menjanjikan untuknya dengan tiga hal, diatas tiga hal, pada tiga hal.

Pertama, mereka akan mendapatkan pujian dari tuhan mereka. Kedua, rahmat (kasih sayang) dan ketenangan yang Allah Subhanahu wata’ala turunkan kepada hatinya.

Serta ketiga, pasrah dengan musibah tersebut dan mereka adalah orang–orang yang mendapatkan hidayah dan petunjuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here