Keutamaan Bagi Mereka yang Berakhlak Mulia

0
408
Ilustrasi seorang sedang mengaji/istock

Harmantajang.com – Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan amalan yang paling banyak memasukkan ke dalam surga adalah takwa kepada Allah Subhanahu wata’ala dan akhlak yang mulia

Bahkan dalam hadist yang lain beliau menyebutkan bahwasanya yang paling berat pada timbangan amalan kebajikan pada hari kiamat adalah akhlak yang baik,

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا

 “Sesungguhnya orang yang paling saya cintai dan paling dekat majelisnya denganku di antara kalian hari kiamat kelak (di surga) adalah yang paling baik akhlaknya”. (HR. Al-Tirmidzi dinyatakan shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Dalam hadist yang lain:

Seorang mukmin bisa sampai pada derajat orang yang senantiasa qiyam (Sholat malam) dan orang yang rajin berpuasa padahal ibadahnya biasa-biasa saja namun ia bisa sampai pada derajat dan kedudukan itu karena akhlaknya yang mulia”.

Seorang datang kepada Nabi dan beliau mengatakan:

Ya Rasulullah tetangga saya rajin beribadah akan tetapi dia selalu menggangu tetangganya“, Rasulullah berkata:”Tempatnya dineraka”.

Sebaliknya disampaikan kepada beliau tentang wanita yang lain yang ibadahnya biasa-biasa saja akan tetapi akhlaknya mulia dia senantiasa membantu orang lain, lalu Rasulullah berkata: “Tempatnya didalam surga“.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here