Keutamaan Bagi Mereka yang Sholat Subuh Berjamaah (Bagian I)

0
164
Ilustrasi seorang sedang sholat/Okezonemuslim

Harmantajang.com – Sholat subuh merupakan waktu sholat  yang dididalamnya terdapat banyak keutamaamn, diantaranya:

1. Didoakan secara khusus oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam

Waktu subuh adalah waktu yang secara khusus didoakan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Tirmidzi no. 1212 dan Ibnu Majah no. 2236. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Seorang ulama pernah ditanya: ”Mengapa waktu subuh begitu sejuk, kita merasakan ketenangan”, beliau menjawab:”Karena waktu subuh bersih dari nafas orang–orang”.

2. Allah Memilih Hambanya dengan Hidayah dan Petunjuk

Allah Subhanahu wata’ala memilih diantara hamba-Nya untuk mengerjakan sholat diwaktu subuh dari sekian banyak manusia yang lalai dan diwaktu subuh tersebut.

Kita sering melihat seorang muslim disiang hari mampu mengangkat beban yang begitu berat bahkan berkilo–kilo namun ketika diwaktu subuh kain sarung dan selimut yang begitu ringan dan tipis tidak mampu ia angkat  padahal beratnya hanya beberapa ons.

Apa sebab dari semua ini tiada lain adalah merupakan taufik dan hidayah dari Allah Subhanahu wata’ala. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

{وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّ}

Segala puji bagi Allah yang telah memberi hidayah kami ke (Surga) ini, dan kami tidak akan mendapat hidayah (ke Surga) kalau sekiranya Allah tidak menunjukkan kami”(QS al-A’raaf: 43).

3. Allah Menjaga Hamba yang Sholat Subuh Bejama’ah

Dalam hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من صلى الصبح فهو في ذمة الله. رواه مسلم

“Barangsiapa yang shalat shubuh maka dirinya dalam perlindungan Allah”. (HR. Muslim)

Kita akan dijaga oleh Allah Subhanahu wata’ala dan ketika Allah Subhanahu wata’ala menjaga kita maka janganlah takut dan sedih kepada apapun dan siapapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here