Makan dengan 3 Jari, Bolehkah?

0
94
Ilustrasi Makanan Kurma/Celeberities.id
Ilustrasi Makanan Kurma/Celeberities.id

Harmantajang.com – Sering menjadi persoalan atau dipermasalahkan oleh sebagian orang katanya harus makan dengan 3 jari. Apakah ini benar atau seperti apa?

Makan 3 jari terpenuhi hadist:

وَعَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ, عَنْ أَبِيهِ, عَنْ جَدِّهِ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( كُلْ, وَاشْرَبْ, وَالْبَسْ, وَتَصَدَّقْ فِي غَيْرِ سَرَفٍ, وَلَا مَخِيلَةٍ )  أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ, وَأَحْمَدُ, وَعَلَّقَهُ اَلْبُخَارِيُّ

Dari ‘Amr Ibnu Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya Radhiyallahu ‘anhum (semoga Allah meridhai mereka) berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Makanlah dan minumlah dan berpakaianlah dan bersedekahlah tanpa berlebihan (isrāf) dan tanpa kesombongan”. (HR Abu Dawud dan Ahmad dan Al-Imam Al-Bukhari meriwayatkan secara ta’liq)

Tidak berlebih- lebihan ketika makan tetapi dilihat dari jenis makanan yang hendak kita makan. Di zaman Nabi Muhmmad Shallallahu ‘alaihi wasallam makanan yang paling banyak adalah gandum, roti, kurma maka ini cocok dengan tiga jari.

Adapun kita nasi, jika bisa makan nasi dengan tiga jari maka silahkan kalo kita meyakini bahwa ini tuntunan Nabi dan itu lebih afdhal.

Tetapi ini sifatnya anjuran dan bukan sifatnya wajib karena dikembalikan kepada jenis makanan yang kita makan tersebut.

Jadi jika kita menganggap itu yang terbaik maka silahkan lakukan namun jika kita merasa susah menggunakan tiga jari karena jenis makanan yang kita makan maka tidak mengapa yang penting jangan berlebihan sehingga menampakkan rakus.

Wallahu a’lam Bish Showaab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here