Manusia Bertanya Tentang Bumi, Mengapa Begini? (Tafsir dan Tadabbur Surah Az-Zalzalah Ayat 3)

0
233
Ilustrasi Al-Qur'an/Unsplash

Harmantajang.com – Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا

“dan manusia bertanya:”Mengapa bumi (menjadi begini)?”. (QS. Az-Zalzalah: 3).

Sebagian ulama ada yang mengatakan semua makhluk kaget dan heran, sebagian ada yang mengatakan:”Insan yang disebutkan pada ayat ini adalah orang kafir yang tidak mempercayai akan datangnya hari kiamat“.

Pendapat yang kuat: “Goncangan ini terjadi ketika hari kiamat tiba”, sebagaimana firman Allah di dalam Al-Qur’an:

وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِي الصُّورِ فَفَزِعَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ وَكُلٌّ أَتَوْهُ دَاخِرِينَ

“Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan mereka semua datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri”. (QS. An-Naml: 87).

Baca Juga: Celaka, Penyesalan di Akhirat Sungguh tak Berarti

Bisa dibayangkan andaikan terus bumi diguncangkan bukan hanya bumi akan tetapi yang lainnya juga berhamburan. Matahari dilipat, Bintang-bintang berjatuhan dll, bumi jika dibandingkan dengan matahari tidak ada apa-apanya.

Besarnya kelipatan 1.300.000 andaikan kita melihat bumi ini dari matahari tidak ada apa-apanya bumi ini. Bumi yang kita perebutkan yang mana orang saling bunuh membunuh di dalamnya, saling mencekal di dalamnya ini tidak ada apa-apanya disisi Allah Subhanahu wata’ala.

Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan jarak antara tiupan sangkakala yang pertama dengan tiupan yang kedua dan hadist ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu beliau ditanya:”Berapa jaraknya”, beliau berkata:”40”.

Baca Juga: Pada Hari itu Bumi akan Bercerita (Tafsir dan Tadabbur Surah Az-Zalzalah Ayat 4-5)

Kemudian ada yang bertanya lagi:”40 tahun, 40 jam, 40 hari, 40 bulan”, setiap beliau ditanya dengan angka itu beliau menjawab:”Saya tidak tahu saya tidak punya ilmu tentang itu.

Yang jelasnya 40 dan kita tahu gempa saja yang hitungan detik itu sudah sangat menakutkan. Tiupan yang kedua dimana orang-orang yang sudah lama terkubur atau meninggal semuanya berdiri inilah yang disebut hari berbangkit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here