Manusia Menjadi Saksi atas Dirinya Sendiri Kelak Dihadapan-Nya

0
312
Ilustrasi saksi persidangan/istock

Harmantajang.com -Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

بَلِ الإنْسَانُ عَلَى نَفْسِهِ بَصِيرَةٌ (١٤) وَلَوْ أَلْقَى مَعَاذِيرَهُ (١٥)

“Bahkan manusia menjadi saksi atas dirinya sendiri, dan meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya”. (QS. Al-Qiyamah:14-15).

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu berkata:”Setiap manusia akan menjadi saksi  terhadap dirinya sendiri dihadapan Allah Subhanahu wata’ala“.

Tidak ada lagi tempat bagi manusia untuk berlari dari Allah Subhanahu wata’ala dan mereka tidak mampu lagi memberikan udzurnya serta alasan dihadapan-Nya.

Sebab hujjah tersebut adalah sesuatu yang sia-sia mengapa demikian karena Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan”. (QS. Yasin :65).

Padahal sebenarnya manusia mengetahui dirinya ketika berdiri dihadapan Allah Subhanahu wata’ala, ketika diberikan kitabnya dari sebelah kiri dia tahu bahwasanya dirinya dalam keadaan binasa.

Manusia pada hari kiamat akan disuruh untuk baca kitab mereka yang memuat segala apa yang mereka kerjakan dulu didunia. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَكُلَّ إِنْسَانٍ أَلْزَمْنَاهُ طَائِرَهُ فِي عُنُقِهِ وَنُخْرِجُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كِتَابًا يَلْقَاهُ مَنْشُورًا اقْرَأْ كِتَابَكَ كَفَى بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيبًا

“Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka. “Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu“. (QS. Al Isra’: 13-14).

Bahkan bumi bersaksi terhadap apa yang dilakukan oleh manusia, sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu wata’ala:

يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا

“Pada hari itu bumi menceritakan beritanya”.(QS. Al Zalzalah: 4).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here