‘Menikmati’ Ujian dan Cobaan dengan Kesabaran

0
449
Ilustrasi masjid dan suasana gelap/Unsplash

Harmantajang.com – Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadist beliau mengatakan:

وَاعْلَمْ أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ، وَأَنَّ الْفَرَجَ مَعَ الْكَرْبِ، وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Ketahuilah bahwasannya kemenangan itu bersama kesabaran, dan jalan keluar itu bersama kesulitan, dan bahwasanya bersama kesulitan ada kemudahan”. (HR. Tirmidzi) 

Wahai orang yang tertimpa kesulitan jangan kalian larut dalam kesedihan bergembiralah dan berbahagialah niscaya Allah Subhanahu wata’ala akan memberikan solusi dari yang anda hadapi.

Sebagian ulama mengatakan boleh jadi ada orang yang diberikan jalan keluar dari kesulitannya dari arah yang lain yaitu dengan semakin ia diberikan kesabaran oleh Allah Subhanahu wata’ala,

Jadi mungkin banyak masalah dan ujiannya namun Allah memberikan kepadanya kesabaran yang dengan kesabaran itu justru ia menikmati musibah dan ujian tersebut.

Kabar ini merupakan kabar gembira dari Allah Subhanahu wata’ala dan hendaknya dijadikan sebagai Qaidah dalam kehidupan kita bahwasanya dibalik kesulitan itu ada saja kemudahan yang diberikan oleh Allah.

Bahkan ketika kita melihat tidak ada lagi yang mampu menolong kita maka disinilah terkadang Allah memberikan pertolongannya pada detik-detik terakhir.

Sebagaimana firman Allah didalam Al-Qur’an:

حَتَّىٰ إِذَا اسْتَيْأَسَ الرُّسُلُ وَظَنُّوا أَنَّهُمْ قَدْ كُذِبُوا جَاءَهُمْ نَصْرُنَا فَنُجِّيَ مَنْ نَشَاءُ ۖ وَلَا يُرَدُّ بَأْسُنَا عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ

“Sehingga apabila para rasul tidak mempunyai harapan lagi (tentang keimanan mereka) dan telah meyakini bahwa mereka telah didustakan, datanglah kepada para rasul itu pertolongan Kami, lalu diselamatkan orang-orang yang Kami kehendaki. Dan tidak dapat ditolak siksa Kami dari pada orang-orang yang berdosa”. (QS. Yusuf: 110).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here