Menyepelekan Dosa Kecil Menjadi Asbab Seseorang Dimurkai-Nya (Tadabbur QS. Az-Zalzalah Ayat 7-8)

0
421
Ilustrasi Al-Qur'an/Istock

Harmantajang.com – Dzarrah adalah sesuatu yang paling kecil, sebagian ada yang mengatakan: ”Semut yang berwarna kuning atau merah yang biasa hinggap di tubuh kita yang kita tidak rasakan jika semut itu tidak berjalan ditubuh kita“.

Dengan kebaikan yang dilakukan itu akan dilihat balasannya dihari kemudian oleh karenanya jangan pernah zuhud dengan kebaikan sekecil apapun. Umar bin Khattab pernah bersedekah dengan sebiji anggur orang kemudian berkata:

Ya Amirul Mukminin sebiji anggur tidak mengenyangkan orang yang lapar dan tidak menghilangkan dahaga orang yang kehausan”, beliau kemudian membaca firman Allah:”

Dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya”. (QS. Az-Zalzalah: 7).

Baca Juga: Jangan Khawatir, Janji-Nya Adalah Sesuatu yang Pasti!

Tidakkah kita membaca atau mendengarkan kisah seorang lelaki yang sedang kehausan turun ke sumur untuk minum air, ketika dia naik dari sumur ia mendapati seekor anjing yang kehausan sambil mengeluarkan lidahnya menjilat-jilat tanah yang basah, ia kemudian berkata:

Anjing ini sudah merasakan seperti apa yang saya rasakan“. Ia turun ke sumur karena tidak ada timba ia mencopot sepatunya sebagai wadah untuk menampung air untuk diberikan kepada anjing itu. Dengan sebab tersebut Allah berterima kasih kepadanya diampunkan dosanya dimasukkan ke dalam surga.

Pada ayat selanjutnya Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula”. (QS. Az-Zalzalah: 8).

Sebaliknya jangan remehkan dosa kecil, Allah menghukum seorang wanita disebabkan seekor kucing yang ia kurung dalam sangkar. Tetapi dia tidak memberinya makan hingga mati dan ia tidak melepas kucing itu untuk mencari makan sendiri.

Baca Juga: Kamu Punya Keresahan?, Yuk Cek 10 Pertanyaan Seputar Islam (Part II)

Inilah agama yang mulia, jadi disatu sisi jangan zuhud dengan kebaikan sekecil apapun tapi disisi lain jangan meremehkan dosa sekecil apapun karena itu akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah Subhanahu wata’ala dan akan mendapatkan balasannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here