Merugi, Rajin Beribadah tapi Tidak Mendapatkan Apa-apa

0
562
Ilustrasi bentuk tidak sesuai dengan faktanya/Islam.co

Harmantajang.com- Salah satu musibah yang paling besar dihadapi manusia ialah ketika mereka sudah berbuat kebaikan namun tidak mendapat apa-apa kecuali kesia-siaan.

Misalnya, dia hendak melaksanakan sholat, dia sholat bukan karena Allah Subhanahu wata’ala atau dia memperbaiki sholatnya karena dilihat oleh manusia atau misalnya ada yang meliputnya dengan kamera.

Jika riya masuk sejak awal amalan maka amalan ini sia-sia dan tidak diterima disisi Allah Subhanahu wata’ala dan ini sifat yang melekat pada orang-orang munafik.

Dimana orang munafik menyembunyikan kekufuran dan menampakkan keislaman dan mereka beramal bukan karena Allah tetapi untuk dilihat oleh manusia. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al-Qur’an

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَىٰ يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali”. (QS. An-Nisaa: 142).

Mereka menipu Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam padahal merekalah yang menipu diri mereka sendiri dan ciri orang munafik jika mereka berdiri melaksanakan sholat dia mengerjakan sholat itu dengan penuh kemalasan.

Olehnya, mari muhasabah jika hendak melaksanakan sholat dan kita merasakan kemalasan dan terus menerus kita rasakan maka hati-hati ini termasuk ciri dari kemunafikan, mereka sholat hanya ingin dilihat oleh manusia.

Dalam surah Al-Maun Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ (5) الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (6)

“Celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya” (QS. Al-Ma’un: 4-6).

Mereka sholat hanya untuk dilihat, dipuji, diliput dan seterusnya ini sifat dan ciri kemunafikan. Dan sesungguhnya mereka inilah yang disebut sebagai orang-orang yang merugi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here