Motivasi Agar Istiqomah di Jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala

0
439
Ilustrasi perjalanan/Islam.co

Harmantajang.com – Apa yang kita cari di dunia ini dan kondisi kita di dunia ini itulah yang akan menentukan kondisi kita dihari kemudian.

Jika gagal di dunia kita bisa mengulangi tetapi jika sudah gagal diakhirat maka kita tidak bisa kembali lagi ke dunia sebagaimana disebutkan dalam ayat:

وَأَنْذِرِ النَّاسَ يَوْمَ يَأْتِيهِمُ الْعَذَابُ فَيَقُولُ الَّذِينَ ظَلَمُوا رَبَّنَا أَخِّرْنَا إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ نُجِبْ دَعْوَتَكَ وَنَتَّبِعِ الرُّسُلَ ۗ أَوَلَمْ تَكُونُوا أَقْسَمْتُمْ مِنْ قَبْلُ مَا لَكُمْ مِنْ زَوَالٍ

“Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada waktu itu) datang azab kepada mereka, maka berkatalah orang-orang yang zalim: “Ya Tuhan kami, beri tangguhlah kami (kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam waktu yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul”. (Kepada mereka dikatakan): “Bukankah kamu telah bersumpah dahulu (di dunia) bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?”. (QS. Ibrahim: 44).

Diakhirat baru dia menyesal dengan penyesalan yang sangat besar, dia minta dikembalikan ke dunia sesat untuk menyambut seruan Allah Subhanahu wa ta’ala, mengerjakan segala perintahnya menjauhi segala larangannya, istiqamah diatas jalannya dan menyambut seruan Rasulnya.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ أَهْلَكْنَا مَا حَوْلَكُمْ مِنَ الْقُرَىٰ وَصَرَّفْنَا الْآيَاتِ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan negeri-negeri di sekitarmu dan Kami telah mendatangkan tanda-tanda kebesaran Kami berulang-ulang supaya mereka kembali (bertaubat)”. (QS. Al-Ahqaf: 27).

Dalam ayat yang lain Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Q.S Surah Fatir ayat 36

وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَهُمْ نَارُ جَهَنَّمَۚ لَا يُقْضٰى عَلَيْهِمْ فَيَمُوْتُوْا وَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِّنْ عَذَابِهَاۗ كَذٰلِكَ نَجْزِيْ كُلَّ كَفُوْرٍ ۚ

“Dan orang-orang yang kafir, bagi mereka neraka Jahanam. Mereka tidak dibinasakan hingga mereka mati, dan tidak diringankan dari mereka azabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here