Orang Tua dan Tante Sedang Berselisih, Apa yang Harus Dilakukan?

0
281
Ilustrasi mendamaikan dua orang/Indonesiainside.id

Harmantajang.com – Tentu kita tidak boleh memutus tali silaturrahim karena memutuskan tali silaturrahim itu dilaknat, Allah berfirman di dalam Al-Qur’an:

فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ (٢٢) أُولَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ (٢٣) أَفَلا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا (٢٤

“Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan. Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah dan dibuat tuli (pendengarannya) dan dibutakan penglihatannya, Maka tidakkah mereka menghayati Al Quran, ataukah hati mereka sudah terkunci “. (QS. Muhammad: 22-24).

Jadi orang yang memutus silaturrahim dilaknat oleh Allah, dibutakan matanya, ditulikan telinganya dan dikunci mati hatinya.

Olehnya, tugas kita yang sudah mengenal hukumnya dan sudah mempelajari islam adalah menjelaskan kepada orang yang berselisih.

Jangan menasehatinya pada saat dia emosi biarkan ia meluapkan emosinya, beberapa hari kemudian ia sudah mulai tenang kemudian kita berusaha mendamaikan mereka.

Bahkan kita boleh berdusta untuk mendamaikan keduanya apalagi yang masih ada hubungan kekerabatan dengan kita maka ini sangat disyariatkan.

Misalkan kita sampaikan kepada orang tua kita:

Mama saya kemarin ketemu dengan tante dia sangat rindu bertemu tetapi dia malu-malu jangan sampai kita tidak maafkan dia”.

kemudian kita telepon tante kita dengan berkata:”tante, mama saya mencari anda, selalu menangis setiap malam, nama tante yang selalu ia sebut”, ini adalah contoh yang bagus mendamaikan orang yang berselisih.

Jangan malah mengompor-ngompori tetapi harus berusaha mendamaikan, ini yang harus kita lakukan.

Namun pada saat ibu kita emosi dan murka ketika kita ke rumah tante maka tahan dulu, sampai menunggu momen yang tepat, seperti lebaran dan seterusnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here