Peringatan Rasulullah, Umur Semakin Tua namun Kerakusan Malah Semakin Muda

0
340
Ilustrasi seorang sedang berjalan/Unsplash

Harmantajang.com – Hidup di dunia adalah suatu perjalanan, yang dimana perjalanan itu pasti ada ujungnya ialah kematian. Namun, tidak perlu peduli berapa jatah yang Allah berikan kepada kita karena yang terpenting adalah bagaimana kita mengisinya dengan kabaikan.

Rasulullah mengatakan:“Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amalannya”, apa gunanya umur yang panjang jika tidak di isi dengan kebaikan dan ketaatan kepada Allah.

Dalam hadist lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Anak cucu Adam itu semakin tua namun ada 2 yang semakin muda yaitu kerakusan terhadap harta dan untuk terus dipanjangkan umurnya”.

Baca Juga: Jangan Merasa Sempurna, Tutupi Kekuranganmu dengan Taubat

Misalnya, ketika ada yang berulang tahun ia berkata:”Panjang umurnya, panjang umurnya”, padahal hakikatnya umurnya berkurang. Ulang tahun adalah tradisi jahiliyah yang harus ditinggalkan, dari Ibnu Umar beliau berkata Rasulullah Shallallaahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

“Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk bagian dari mereka”.(HR. Abu Dawud, hasan).

Terpenting dalam umur adalah keberkahan, walaupun umur singkat namun berberkahan maka inilah yang terbaik. Banyak dari kalangan ulama umurnya tidak terlalu panjang tetapi keberkahan yang ditinggalkan tetap mengalir.

Jadi yang paling utama adalah bagaimana Allah memberikan keberkahan kepada umur kita dan ketahuilah sesungguhnya yang paling memberkahi umur  seseorang adalah ketika kita menyibukkan diri dengan Al-Qur’an.

Siapa yang menyibukkan diri dengan Al-Qur’an dan semakin menambah waktunya untuk Al-Qur’an maka ia akan melihat keberkahan pada umurnya, Insya Allah.

Baca Juga: Jangan Merasa Sempurna, Tutupi Kekuranganmu dengan Taubat

Ini adalah motivasi dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bagi mereka yang diberi umur yang panjang dan yang paling baik amalannya untuk bersungguh-sungguh didalam beramal.

Tidak mengapa mendoakan saudara kita agar diberi umur yang panjang tetapi jangan hanya berkata: ”Semoga Allah memberi anda umur yang panjang” namun hendaknya ditambah:”Semoga Allah memberikan kepada anda usia dan umur yang panjang dalam ketaatan”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here