Sebutlah Nama Tuhanmu dan Beribadahlah kepada-Nya Sampai Akhir Hayat

0
95
Alam Semesta dan keagungan-Nya/Unsplash

Harmantajang.com – Allah berfirman di dalam Al-Qur’an dalam surah Al-Muddattsir:

حَتَّىٰٓ أَتَىٰنَا ٱلْيَقِينُ

“(Hingga datang kepada kami kematian”) ajal kami”. (QS. Al-Muddattsir: 47).

Kematian itu adalah Al Kasf yaitu Al Ma’rifah yaitu ketika seseorang telah sampai pada tingkat ma’rifah dia diperintahkan untuk beribadah sampai hijab itu tersingkap.

Setelah itu diangkat darinya kewajiban ibadah maka ini adalah pemahaman yang salah bahkan merupakan kekufuran dan kesesatan. Dalam ayat yang lain, Allah berfirman:

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ وَتَبَتَّلْ إِلَيْهِ تَبْتِيلًا

Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadatlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan”. (QS. Al-Muzzammil: 8).

Manusia diperintah untuk tabattul yaitu bersungguh-sungguh dalam beribadah namun bukan berarti memutuskan diri dari dunia dengan alasan untuk fokus beribadah.

Dalam islam tidak ada yang disebut kehidupan rabbaniah sebagaimana yang dianut oleh orang-orang nasrani yang hidup digereja seperti para biarawan dan biarawati mereka mengharamkan diri dari minuman dan makanan tertentu.

Bahkan mengharamkan diri untuk menikah dengan dalih mereka adalah pilihan-pilihan Allah yang dipilih untuk beribadah kepada Allah. Namun islam adalah agama yang pertengahan antara ibadah yahudi dan nasrani dan inilah yang kita minta setiap sholat.

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (٦) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ (٧

Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau berikan nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”. (QS. Al-Fatihah: 6-7).

Apapun kebaikan yang dilakukan, Allah maha tahu bahkan akan dilipatgandakan disisi Allah Subhanahu wata’ala. Kita yang hidup di dunia ini mengumpulkan bekal-bekal akhirat jangan pernah zuhud dengan kebaikan sekecil apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here