Sederhana, ini Wasiat Rasulullah yang Mulai Terabaikan

0
375
Dua pemuda sedang bersalaman/Iistock

Harmantajang.com – Mengucapkan salam merupakan amalan yang ringan dan sederhana namun banyak kaum muslimin yang lalai untuk mengamalkan sunnah yang mulia ini.

Apalagi ada gerakan terstruktur untuk mengganti nilai-nilai islam. Padahal Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam berwasiat untuk menyebarkan salam.

Ketika orang-orang beriman dimasukkan ke dalam surga mereka disambut dengan ucapan salam oleh malaikat. Sebagaimana dijelaskan dalan firman Allah Subhanahu wata’ala:

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

 “Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya“. (QS. Az Zumar: 73).

Selain itu, memberi salam bisa menjadi sebab seseorang dimasukkan kedalam surga bahkan dijadikan salah satu barometer kesempurnaan keimanan seorang hamba. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوْهُ تَحَابَبْتُمْ؟ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

 “Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan tidak akan sempurna iman kalian hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kalian pada sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian”. (HR. Muslim no. 54).

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan ummatnya untuk menyebarkan salam bukan hanya kepada orang-orang yang dikenal, akan tetapi juga kepada orang yang tidak dikenal.

Sunnah ini banyak dilalaikan oleh kaum muslimin dimana mereka tidak memberi salam kecuali kepada orang-orang yang mereka kenal dan ini adalah salah satu tanda munculnya hari kiamat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُسَلِّمَ الرَّجُلُ عَلَى الرَّجُلِ لاَ يُسَلِّمُ عَلَيْهِ إِلاَّ لِلْمَعْرِفَةِ

“Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat adalah seseorang mengucapkan salam kepada yang lainnya, dia mengucapkan salam kepadanya hanya dengan sebab kenal”. (HR. Ahmad).

Dalam sebuah hadits disebutkan: “Ada seorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam: “Wahai Rasulullah islam yang bagaimanakah yang paling baik ?’

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab:

تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلَامَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ

 “Engkau memberi makan dan engkau mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal maupun yang tidak kenal”.(HR. Bukhari (no. 12) dan Muslim (no. 39), dari Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here