Stop Mencela Dirimu, Manusia adalah Ciptaan Allah dalam Bentuk yang Sebaik-baiknya (Tafsir QS. At-Tin: 04)

0
409
Ilustrasi Al-Qur'an/Istock

Harmantajang.com – Allah Subhanahu wata’ala, berfirman:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”. (QS. At-Tin: 04).

Allah menciptakan manusia dengan sebaik bentuk dalam ayat ini ada kata Al Insan yang dimaksud adalah Adam ‘Alaihissalam, Allah menciptakan Adam dengan sebaik baik penciptaan.

Baca Juga: Waspada, Jabatan dan Kekuasaan Bisa jadi Sumber Penyesalan di Hari Kemudian

Sebagian ada yang menyebutkan Al Insan yaitu manusia secara umum karena memang penciptaan manusia disempurnakan oleh Allah Subhanahu wata’ala:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan”. (QS. Al-Isra: 70).

Manusia diberikan 2 mata untuk melihat, diberikan hidung untuk mencium, diberikan mulut untuk berbicara, lisan untuk merasa, 2 telinga untuk mendengar, kemudian diberikan akal oleh Allah, diberikan 2 tangan untuk bekerja, berjalan dengan 2 kaki.

Bukan hanya itu bahkan Allah menurunkan kepada kita pakaian coba bandingkan dengan makhluk Allah yang lain. Allah berfirman:

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”. (QS. Al-A’raf: 26).

Baca Juga: Bagaimana Kiat Hidup Bahagia Meski Banyak Masalah (Q & A Part 11)

Adapun hewan Allah tidak memberikan pakaian kepada mereka, namun jika ada yang berpakaian maka manusia itulah yang mengenakan pakaian seperti anjing, kucing, monyet dll.

Alhamdulillah Allah menciptakan kita dengan sebaik-baik penciptaan dan ini sekaligus membantah sebuah teori dari seorang kafir yang mengatakan manusia berasal dari monyet.

Olehnya, tidak pantas seorang hamba merasa minder atau rendah diri akan kekurangan yang dimilikinya. Justru sebaliknya, manusia merupakan cipataan Allah yang paling mulia dan kemuliaan itu harus dibalas dengan penghambaan yang sesempurna mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here