Sungguh, Manusia akan Bertemu dengan ‘Pengadilan’ yang Terang Benderang

0
495
Ilustrasi palu pengadilan/unsplash

Harmantajang.com – Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰ أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan“.(QS. Yasin: 65).

Tak hanya itu, kelak diakhirat bumi juga akan bersaksi sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wata’ala:

يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا

“Pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.” (QS. Al Zalzalah: 4-5).

Bahkan diakhir zaman, pada hari kiamat anggota tubuh akan bersaksi  dihadapan Allah Subhanahu wata’ala. Hal ini merupakan peringatan bagi manusia bahwa Allah mewajibkan untuk mempersiapkan diri.

Semua manusia akan diperhadapkan oleh Allah Subhanahu wata’ala untuk mempertanggungjwabkan semua apa yang pernah  dikerjakan didunia ini yang tertulis dalam sebuah kitab.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَوُضِعَ الْكِتَابُ فَتَرَى الْمُجْرِمِيْنَ مُشْفِقِيْنَ مِمَّا فِيْهِ وَيَقُوْلُوْنَ يَا وَيْلَتَنَا مَالِ هَذَا الْكِتَابِ لاَ يُغَادِرُ صَغِيْرَةً وَلاَ كَبِيْرَةً إِلاَّ أَحْصَاهَا وَوَجَدُوْا مَا عَمِلُوْا حَاضِرًا وَلاَ يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا (49)

“Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: ‘Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya.’ Dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Rabbmu tidak menganiaya seorang jua pun.” (QS. Al-Kahfi: 49).

Kelak manusia akan bertemu dengan pengadilan yang didalamnya tidak ada dusta sedikitpun. Mungkin saat didunia, manusia masih bisa memberikan kesaksian yang palsu tapi kelak di hadapan-Nya semuanya akan terlihat secara terang-benderang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here