Tidak Sedikitpun yang Tersembunyi oleh Allah, Baik di Langit Maupun Bumi

0
110
Ilustrasi alam semesta/Unspalsh

Harmantajang.com – Seperti diketahui, Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata. Pada hari itu tidak ada lagi yang mampu berbohong dan berdusta dihadapan Allah.

اقْرَأْ كِتَابَكَ كَفَىٰ بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيبًا

Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu”. (QS. Al-Isra: 14).

Jika ada diantara kita diminta untuk menulis apa saja yang dilakukan hari ini dengan detil, mungkin ada yang kita ingat dan ada yang terluput lalu bagaimana dengan hari kemarin atau 2 pekan yang berlalu.

Baca Juga: Muka Mereka Dibakar Api Neraka (Tafsir dan Tadabbur QS. Al-Mukminun: 104)

Mungkin ada moment yang diingat namun kebanyakan yang tidak ingat lagi tapi tahukah kita bahwa itu tidak terlupakan disisi Allah. Bahkan semua tertulis dan dihitung satu persatu pada hari kiamat.

Padahal mereka sudah lupa dan tidak ada yang tersembunyi dihadapan Allah Subhanahu wata’ala. disebutkan dalam firman-Nya:

رَبَّنَا إِنَّكَ تَعْلَمُ مَا نُخْفِي وَمَا نُعْلِنُ ۗ وَمَا يَخْفَىٰ عَلَى اللَّهِ مِنْ شَيْءٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit”. (QS. Ibrahim: 38).

Baca Juga: Janganlah Kamu Berlaku Sewenang-wenang Terhadap Anak Yatim (Tafsir QS. Ad-Dhuha: 9)

Dari langit dan bumi bahkan pada isi hati manusia, Allah maha tahu. Bisikan hati dimaafkan oleh Allah Subhanahu wata’ala dihari kiamat andaikan sampai jiwa juga dihisab dihari kemudian maka tidak ada diantara kita yang selamat.

Sebab terkadang terbesit fikiran-fikiran kotor atau niat jahat dalam jiwa kita hanya saja kita tidak jadi mengerjakannya karena takut kepada Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here