Tidak Sekedar Diciptakan, Semua Disertai Petunjuk-Nya (Tafsir Surah Al-A’la ayat 4-5)

0
309
Ilustrasi Al-Qur'an/Istock

Harmantajang.com – Dalam Al-Quran, Allah Subhanahu wa ta’ala:

وَٱلَّذِىٓ أَخْرَجَ ٱلْمَرْعَىٰ

“Dan yang menumbuhkan rumput-rumputan”. (QS. Al-A’la: 04)

فَجَعَلَهُۥ غُثَآءً أَحْوَىٰ

“lalu dijadikan-Nya rumput-rumput itu kering kehitam-hitaman”. (QS. Al-A’la: 05).

Allah tidak hanya menciptakan, tetapi juga memberi petunjuk, ketika seorang bayi keluar dari perut ibunya maka siapa gerangan yang mengajarinya untuk menyusui dialah Allah Subhanahu wata’ala.

Setiap makhluknya diajar bagaimana cara untuk mendapatkan rezeki, membuat rumah, berlindung dari serangan musuh, mengajari semut-semut berbaris, mengajari lebah untuk membuat sarang yang madunya dinikmati dan bermanfaat bagi manusia dan Allah memberikan wahyu dan petunjuk kepada lebah.

Baca Juga: Bagaimana Tips Menjaga Keikhlasan?, Simak Q & A Seputar Islam (Part 4)

Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an:

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُون

“Dan Rabb-mu telah mewahyukan kepada lebah, “Buatlah rumah-rumah di bukit-bukit dan pada pohon-pohon dan pada tempat-tempat  yang mereka (manusia) buat”. (QS. An-Nahl: 68).

ثُمَّ كُلِى مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسْلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”. (QS. An-Nahl: 69).

Dari perut lebah beraneka ragam madu yang bermancam-macam, ada madu manis, madu pahit, madu hitam, madu seperti air, madu cair, madu seperti mentega, dll. Dialah Allah yang mengeluarkan dari bumi ٱلْمَرْعَىٰ (tumbuh-tumbuhan yang hijau).

Misalnya seperti padi yang dinikmati dan dikonsumsi oleh makhluk. Begitupula dengan rumput, Allah jadikan hijau, Allah yang mengeluarkan semua tumbuh-tumbuhan, tanam-tanaman, sayur- sayuran, buah-buahan.

Baca Juga: Dunia Kadang Tidak Adil Bagimu?, Tenang, Allah Hakim yang Seadil-adilnya

Semua ini adalah rezeki dari Allah Subhanahu wata’ala silahkan dinikmati, setelah padi menjadi hijau kemudian dipanen sehingga berubah warna menjadi kuning dan mengerluarkan biji dengan beberapa warna.

Tanah itu tidaklah mati, sekali Allah menurunkan hujan maka tanah itu kembali menjadi subur dan tumbuhan tumbuh menjadi hijau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here