Tinggal Sendirian dan Khawatir tidak Bangun Sahur, Apa Solusinya?

0
293
Ilustrasi bulan/Istock

mim.or.id – Seperti diketahui, salah satu perbedaan puasa wajib dengan puasa sunnah adapun puasa wajib memang harus diniatkan sejak malamnya sebagaimana kata Nabi:

وَعَنْ حَفْصَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : { مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ } رَوَاهُ الْخَمْسَةُ ، وَمَالَ التِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ إلَى تَرْجِيحِ وَقْفِهِ ، وَصَحَّحَهُ مَرْفُوعًا ابْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ – وَلِلدَّارَقُطْنِيِّ { لَا صِيَامَ لِمَنْ لَمْ يَفْرِضْهُ مِنْ اللَّيْلِ }

Dari Hafshoh Ummul Mukminin bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam berkata:“Barangsiapa yang tidak berniat di malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya“. (HR. Abu Daud, Tirmidzi, An Nasai dan Ibnu Majah).

Olehnya jika sudah diumumkan besok masuk 1 ramadhan maka niatkan puasa untuk satu bulan, ini pendapat sebagian ulama, sebagian ada yang mengatakan:”Diperbaharui niat setiap malamnya“.

Baca Juga: Hukum Membaca Iftitah ketika Masbuk, Dibaca atau Tidak? (Q & A Part 9)

Mana yang rajih kumpulkan kedua-duanya;, niatkan puasa satu bulan dan perbaharui niat setiap malamnya ini untuk puasa wajib, trus apa lafadz niatnya? Jawab:”Tidak ada lafadz niat tertentu dalam niat puasa.

Anda bangun sahur diwaktu malam itu sudah niat karena tidak ada yang membangunkan anda diwaktu sahur kecuali niat untuk berpuasa tapi untuk mengantisipasi maka niatkan memang selama satu bulan penuh.

Berbeda dengan puasa sunnah boleh berniat setelah matahari terbit atau fajar terbit dan ini keistimewaan puasa sunnah sebagaimana Rasulullah pernah tidak mendapatkan makanan dari istri-istri beliau, akhirnya beliau mengatakan:”Jika begitu saya berpuasa hari ini”.

Baca Juga: Manusia Bertanya Tentang Bumi, Mengapa Begini? (Tafsir dan Tadabbur Surah Az-Zalzalah Ayat 3)

Dari uraian diatas, ditarik kesimpulan bahwa salah satu solusi yang bisa ditempuh jika tinggal sendirian dan khawatir tidak bangun sahur untuk puasa ialah meniatkan memang pada malam pertama untuk berpuasa penuh di bulan suci ramadhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here