Usaha Seorang Hamba Berbanding Lurus dengan Hidayah-Nya

0
470
Ilustrasi seorang sedang beribadah/unslpash

Harmantajang.com – Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”. (QS. Al-Ankabut: 69).

Jadikan ayat ini sebagai pedoman, jika hijrah meninggalkan maksiat terasa berat, mendapatkan hidayah Allah berat. Tetapi Allah Subhahahu wata’ala berjanji kepada orang yang bermujahadah, berusaha dan bersungguh-sungguh:

وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus”. (QS. Asy-Syura: 52).

Ulama kita mengatakan:”Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha seorang hamba bahkan usaha seorang hamba berbanding lurus dengan hidayah yang Allah Subhanahu wata’ala berikan kepadanya“.

Jika ingin berusaha menghafalkan Al-Qur’an kemudian jatuh bangun dan merasa berat maka teruslah berusaha dan berusaha.

Sebab Allah Subhanahu wata’ala ketika melihat usaha dari seorang hamba tidak akan menyia- menyiakannya. Bahkan diberikan taufiq kepadanya dan dibukakan hatinya untuk selanjutnya dipermudah.

Semoga kita selalu diberikan kekuatan dan kesabaran dalam setiap usaha kebaikan yang dilakukan. Sebab Dia-lah yang maha mengetahui isi hati manusia dan sebagai hamba kita hanya berusaha dan berdoa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here