Wajah Beseri-seri di Hari Akhir, Siapa Mereka? (Tadabbur QS. Al-Qiyamah: 22-23)

0
335
Ilustrasi cahaya yang berseri/Unsplash

Harmantajang.com – Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَاضِرَةٌ , إِلَى رَبِّهَا نَاظِرَةٌ

“Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri”. (QS. Al-Qiyamah: 22-23).

Jadi nanti dihari kiamat ada yang dibangkitkan dari kuburnya dimana wajah mereka berseri – seri, semoga Allah Subhanahu wata’ala menjadikan wajah -wajah kita ini bercahaya dihari kemudian.

Biasanya Syaikh jika mendoakan seseorang dia mengatakan:”Semoga Allah memutihkan wajahmu”, maksudnya semoga Allah membuat wajahmu berseri-seri dihari kemudian.

Baca Juga: Sedang Salat Tiba-tiba ada Jamaah Meninggal, Apa yang Dilakukan? (Q & A Part 5)

Aqidah Ahlusunnah wal Jama’ah, di dunia kita tidak mampu melihat Allah adapun di akhirat inilah kenikmatan surga yang paling tinggi, orang yang berbuat baik akan mendapatkan kebaikan berupa surga dan tambahan (melihat wajah Allah Subhanahu wata’ala).

Mengerjakan sholat subuh bagian dari amalan yang dengannya kita dimuliakan dengan nikmat yang besar, Nabi menyebutkan dalam hadist dimana beliau pernah bersama dengan para sahabat dan bertepatan dengan bulan purnama mereka melihatnya, Nabi berkata kepada mereka:

”Kalian dihari kemudian nanti akan melihat wajah tuhan kalian seperti kalian memandang bulan purnama ini, tidak ada yang menghalangi pandangan mata kalian”, kemudian beliau menyebutkan salah satu diantara amalan:

إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ رَبَّكُمْ كَمَا تَرَوْنَ هَذَا الْقَمَرَ لَيْلَةَ الْبَدْرِ لاَ تُضَامُّوْنَ فِي رُؤْيَتِهِ، فَإِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ لاَ تُغْلَبُوْا عَلَى صَلاَةٍ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوْبِهَا فَافْعَلُوْا.

“Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian, sebagaimana kalian melihat bulan pada malam bulan purnama, kalian tidak terhalang (tidak berdesak-desakan) ketika melihat-Nya. Dan jika kalian sanggup untuk tidak dikalahkan (oleh syaithan) untuk melakukan shalat sebelum Matahari terbit (shalat Subuh) dan sebelum terbenamnya (shalat ‘Ashar), maka lakukanlah”. (HR. Al-Bukhari).

Terutama sholat subuh, orang yang bangun di waktu subuh atau sebelum subuh dia qiyam wajahnya bercahaya, ini di dunia sebelum akhirat.

Baca Juga: Awas, Inilah Salah Satu Penyebab Seorang Melampaui Batas

Salah seorang salaf pernah bertanya kepada bapaknya:”Wahai bapak ku mengapa orang yang menjaga qiyamullail itu wajahnya berseri-seri?”, bapaknya berkata:

”Karena dia berdua-duaan dengan Allah dan Allah membagikan cahaya kepadanya“. Adapula yang berkata:”Wahai bapak ku mengapa di waktu subuh udara begitu sejuk”, beliau menjawab: ”Karena bersih dari nafasnya orang-orang munafik”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here